Jumat, 13 Februari 2009

TKI

Assalamualaikum wr.wb

TKI (Tenaga Keras Indonesia/Tenaga Kerja Indonesia) adalah julukan yang melekat pada kami yang bekerja di luar negeri. Apapun pekerjaannya itulah TKI.


Bagi kami yang bekerja di luar negeri khususnya di industri sudah hal biasa berjibaku dengan dering mesin dan alat-alat berat yang lain atau bahkan barang-barang kimia yang sangat bahaya. Itu kami lakukan demi menunaikan kewajiban mencari nafkah apapun resikonya akan kami tanggung dengan sepenuh hati. Apapun pekerjaannya, seberat apapun pekerjaannya akan kami lakukan demi yang namanya uang.


Tapi kami terkadang malah melupakan waktu dan kesempatan untuk yang lain. Demi melaksanakan tugas kerja malah terkadang lupa akan kewajiban kepada Allah swt. Lupa menunaikan yang wajib bahkan yang sunah sekalipun akan sulit dilaksanakan. Karena capek dan capek dan capek setelah selesai bekerja melaksanakan perintah sang bos. Waktu luang yang ada terkadang terbuang dengan sia-sia. Ya itulah sebagian dari kami yang lupa akan tujuan awal datang ke negeri orang sebagai TKI akan kewajiban yang lebih utama dari segalanya.


Kalau kita tahu bahwa uang itu bukan segala, maka kita akan sadar bahwasanya uang itu hanya sebagai titipan dari Allah swt sebagai media untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt. Mencari rezeki hanya karena Allah, insyaallah Allah swt akan memberikan yang terbaik buat kita untuk dunia dan akherat.


Seberat apapun pekerjaannya bahkan resikonya kalau kita bekerja dengan niat yang tulus karena Allah, mudah-mudahan Allah akan memudahkan pekerjaan kita. Memang kita mengakui bekerja di negeri orang khususnya di Korea Selatan memang benar-benar menguras tenaga dan pikiran bahkan nyawa terkadang akan melayang. Kecelakaan di tempat kerja sudah hal yang biasa buka luar biasa. Jari tangan kepotong, terjepit kena pres atau bahkan sangat patal sekali hingga putus bukan masalah yang terlalu besar. Bahkan ada dalam bayang kita disetiap saat.


Itulah sebabnya, setiap kesempatan yang ada mari kita selalu ingat kepada Allah agar apa yang kita kerjakan benar-benar menjadi ridho-Nya dan segalanya kita serahkan kepada-Nya. Karena sebaik-baiknya tempat meminta pertolongan hanyalah Allah. Segala sesuatu datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Tiada daya dan upaya selain hanya Allah yang punya.


Setelah mendapa apa yang diperoleh tiap bulannya jangan lupa menafkahkan sebagian harta kita di jalan-Nya. 2,5% adalah hak orang lain. Mari belajar untuk ikhlas dalam beramal. Jangan takut untuk mengeluarkan shadaqoh. Allah akan memudahkan kita yang senang bershadaqoh. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran buat diri saya pribadi dan rekan-rekan sekalian yang bekerja di Kore Selatan. Dan mudah-mudahan rezeki yang kita peroleh mendapat barakah-Nya, aminn...!!!


Wasalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar