Minggu, 26 April 2009

International Horticulture Goyang Korea 2009

2009고양국졔꽃박람회 (International Horticulture Goyang Korea 2009)

Ini adalah salah satu ajang pameran hasil pertanian seluruh dunia. Karena pelaksanaannya bertepatan dengan musim semi, yang ditampilkan dari masing-masing stand adalah pameran bunga. Bunga yang dimaksud disini adalh berbagai macam jenis bunga dan tanaman hias yang lainnya. Pameran yang di ikuti lebih dari 10 negara ini berlangsung dari tanggal 23 April sampai dengan 10 Mei 2009 bertempat dipingiran danau Kota Goyang Provinsi Kyounggi-Do Korea Selatan.


Pameran ini begitu meriah dengan suasana warna warni dari bunga yang mulai mekar juga suasana yang masih dingin karena letak Kota Goyang yang berada disebelah utara semenanjung Korea yang bercuaca sangat dingin. Dari masing-masing negara memiliki stand pameran sendiri-sendiri tak ketinggalan negeri kita tercinta yang menampilkan banyak tanaman hias yang berkualitas dan bernilai ekonomis. Gambar ini menunjukkan stand pameran dari pemerintah Indonesia di bawah naungan Departemen Pertanian Indonesia dan diramaikan oleh para pengusaha-pengusaha yang berkopenten dibidang tanaman hias. Kita juga perlu bangga karena salah satu peserta pameran adalah mantan TKI dari Korea yang sekarang sudah bisa terjun langsung dalam dunia usaha dibidang tanaman hias. Dari hasil usaha tersebut sudah bisa mengekspor 2 kontainer dari berbagai jenis tanaman hias per minggu. Ini adalah salah satu contoh bahwasannya TKI itu tidak selamanya harus dipandang sebelah mata oleh semua pihak. TKI itu juga manusia dan sama statusnya tidak ada beda sama sekali. Tapi kenapa, ketika kita para TKI setelah sampai di negeri kita banyak diperlakukan tidak sewajarnya ketika tiba di bandara. Itu sekelumit masalah TKI dan kami berharap para pejabat memperlakukan kami sebagaimana mestinya.


Kita kembali kepameran di Kota Goyang. Di pameran ini kita bisa melihat berbagai jenis bunga dan tanaman hias dari penjuru dunia dan juga hasil pertanian lainnya. Yang sangat menarik adalah, jenis bunga yang sub'hanallah indah sekali. Mulai dari anggrek, dendrodium, kaktus dan lain sebagainya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Salah satu yang menarik perhatian adalah gambar ini..


Kalau dilihat sekilas hanyalah sebuah patung seorang mengangkat barbel. Taukah anda siapa vigur patung tersebut. Dia adalah salah satu atlet angkat besi yang prestasinya tak tertandingi baik sebelum Olympiade 080808 di Beijing China maupun sesudahnya. Dia adalah atlet korea Selatan yang bernama 장미란 (Jang Miran) peraih medali emas di Olympiade Beijing dan kejuaran dunia angkat besi yang sebelum pelaksanaan Olympiade Beijing. Apakah anda menyangka warna warni dari kostum yang di kenakan pada patung tersebut adalah warna cat. Tidak sepenuhnya cat, baju dan celananya adalah kaktus yang dirangkai sedemikian rupa begitu juga dengan barbelnya. Unik sekali bukan...!


Bahkan dipameran ini juga yang labih unik lagi adalah salah satu phon yang sudah berusia lebih dari 1600 tahun. Pohon ini di pajang pada deretan stand bonsai dan kaktus yang tidak begitu jauh darib patung atlet Jang Miran. Memang pameran ini sungguh mengesankan bagi para pengunjung. Jangankan saya yang orang asing, orang Koreapun berdecak kagum melihat pesona pameran ini. Bagi anda yang datang ke pameran inipun pasti akan ketagihan kapan ada lagi pameran seperti ini apalagi dengan suasan yang masih terasa dingin yang menusuk ke tulang. Ini merupakan terakhir bagi saya untuk menikmati musim semi di Korea karena bulan September mendatang Insyaallah akan kembali ke negeri tercinta. Ini merupakan pengalaman terakhir mengikuti kegiatan yang di adakan oleh KBRI Seoul dan gratis lagi. Mudah-mudahan kelak ada manfaatnya dari melihat hasil pameran ini dan menjadikan kenangan ndiri buat diri pribadi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar