Sabtu, 31 Januari 2009

Liburan Musim Dingin

Assalamualaikum wr.wb

Libur lagi libur lagi. Itulah enaknya bekerja di Korea banyak hari liburnya. Waktu yang bagus untuk diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan tidak menyia-nyiakan waktu yang banyak dan terbuang dengan percuma. Refresing yach refresing tapi jangan lupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Jadikanlah refresing sebagai media mendalami betapa Maha Besarnya Alah dengan segala ciptaan-Nya.

Allah menciptakan alam beserta isinya ini untuk dimanfaatkan dan dijaga agar tidak menimbulkan kerusakan di muka bumi dengan ulah kita yang tidak terpuji. Dengan demikian kita akan merasa bahwa kita adalah mahkluk ciptaan Allah yang mau bersyukur dan selalu mengagumi ciptaan Allah yang tiada duanya di dunia ini karena Allahlah Yang Maha Suci dengan segala ciptaan-Nya.

Mari liburan ini kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat. Contoh baiknya adalah datang ke Mushola yang alhamdullillah sekarang di Korea tidak susah untuk mencarinya. Kalau rekan-rekan sekalian bilang tidak tahu dimana Musholanya itu tandanya tidak pernah mau datang ke mushola untuk mendengarkan tausyiah dari para ustad. Di Musholah kita bisa mendengarkan taausyiah, belajar Al Qur'an, membaca buku-buku kajian islam, bertukar pendapat dengan para ustad, atau berbincang-bincang seputar pekerjaan dan yang paling penting adalah bisa melaksanakan sholat 5 waktu berjama'ah. Dengan demikian waktu yang tersedia begitu banyak tidak terbuang begitu saja dengan sia-sia di depan internet menulusuri alam maya tanpa memperdulikan waktu lagi kapan waktu sholat dan kapan waktu luang untuk belajar ilmu agama.

Ini sebagai gambaran saja, karena saya pribadi juga sering lupa dengan keadaan diri sendiri. Bila syaithon sudah menggoda memang didepan internet memang asyik dengan kegiatan yang sia-sia dengan menulusuri dunia maya tanpa menghiraukan waktu lagi. Memang di Korea biaya internet lebih murah bila dibanding di Indonesia hanya membayar sekitar 30-40 ribu won kita bisa ngenet sepuasnya 24 jam tanpa dihitung perjamnya. Itulah sebenarnya sumber media yang cukup bagus yang dengan kesadaran kita bisa memanfaatkan media tersebut untuk kegiatan yang mempunyai manfaat besar. Dengan membaca artikel-artikel islam, dengar radio islam via net, ngaji online akan lebih bermanfaat dunia dan akherat.

Mari liburan ini kita isi dengan sesuatu yang lebih bermanfaat buat hidup kita kelak dunia dan akherat. Walau suhu udara masih minus, tanamkan niat dan tekad yang tulus bahwa ilmu itu lebih bermanfaat daripada yang lainnya. Karena ilmu yang bermanfaat adalah yang membekas. Ilmu bila dibawa tidak kelihatan dan sangatlah ringan. Mudah-mudahan ini dapat menjadi gambaran buat kita untuk memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang berguna. Mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang berguna bagi agama dan bangsa kita, amin...

Wasalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar